5 Makanan Membuat Kita Panjang Umur

Oleh: Eris Abdurahman

Anda ingin hidup lama, panjang umur? Kalo iya, habiskan membaca seluruh artikel ini. Sedikitnya ada 5 makanan yang dapat membuat hidup Anda lebih lama jika mengkonsumsi secara teratur. Apa saja makanan tersebut? :

1. Brokoli
Menurut para ahli, brokoli mengandung lebih banyak vitamin C dari jeruk, kalsium lebih dari segelas susu, serta serat alami lebih dari tumpukan roti gandum. Juga mengandung antioksidan yang sangat cukup. Keuntungan lain, brokoli merupakan salah satu sayuran yang mengandung banyak anti karsinogen yang dapat merangsang tubuh dalam melawan zat penyebab kanker. Tidak hanya itu, brokoli juga berfungsi untuk mencegah katarak, penyakit jantung, arthritis, bisul, dan berbagai virus.

Brokoli (Sumber:ayurvedaforeveryone)

2. Chamomile
Bunga chamomile biasa digunakan untuk membuat rileks saraf. Umumnya digunakan untuk mengurangi stres dan tekanan. Semakin sedikit stres Anda, semakin rendah juga kemungkinan terserang berbagai penyakit akibat stress. Selain itu Chamomile juga membantu detoksifikasi tubuh dengan cara membuang sampah yang tidak berguna melalui ginjal. Bagaimana cara menyajikannya? Chamomile dapat dikonsumsi sebagai makanan kering atau diseduh. Bisa juga dicelup ke dalam air hangat seperti teh.

Chamomile (Sumber:nicepisan)

3. Cranberries

Berasal dari keluarga berry dan mengandung vitamin C, zat pemberantas kimia bakteri, dan antioksidan. Buah ini membantu melindungi terjadinya infeksi saluran kemih, kanker, dan juga melindungi masuknya bakteri berbahaya ke organ-organ tubuh.
Meski memiliki manfaat besar bagi tubuh, rasanya sangat masam. Jika Anda suka, cobalah mencampurkannya dengan muffin jagung. Tetapi jika Anda ingin mengambil keuntungan maksimum dari buah ini, cobalah untuk minum campuran cranberry dan jus apel sehingga tidak terlalu asam.

Cranberries (Sumber:tutoriales)

4. Minyak ikan

Beberapa ikan seperti salmon, makarel, atau ikan teri dikenal sebagai penghasil omega-3. Makan ikan tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, serta melindungi Anda dari stroke dan pembekuan darah di otak. Dalam penyajiannya, Anda dapat mengkonsumsi mentah seperti sushi atau bisa juga dipanggang.

Minyak Ikan (Sumber:fish-oil-guides)

5. Lemon

Lemon masih merupakan kerabat dekat buah jeruk yang mengandung banyak vitamin C. Selain bermanfaat menjaga kecantikan wajah, jus lemon adalah sifat anti-bakteri yang baik memerangi infeksi di mulut seperti sariawan dan sakit tenggorokan. Cara penyajian adalah tuangkan jus lemon ke porsi sushi, minum jus lemon dicampur dengan air, atau menambahkan jus lemon pada salad Anda. (**)

Lemon (Sumber:Tahesta)

Sumber: Worldinterestingfact, 2011

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Daftar Isi

%d blogger menyukai ini: