Latihan Fisik Rutin 30 Menit Per Hari

Ada 1440 menit dalam satu hari. Sepanjang waktu itu, setidaknya kita menyisihkan 30 menit untuk berolahraga rutin. Olahraga rutin merupakan salah satu bagian penting untuk menjaga kesehatan karena dengan olahraga rutin kita dapat menghindari berbagai penyakit diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Kebanyakan orang dewasa memerlukan waktu kurang dari 30 menit untuk berolahraga setidaknya lima hari dalam satu minggu (150 menit/minggu). Meskipun waktu yang dibutuhkan untuk berolahraga hanya sedikit, jarang sekali orang melakukan olahraga secara rutin, akibatnya sering kita temukan orang-orang dengan manifestasi kelebihan berat badan seperti buncit, obesitas, atau yang semacamnya. Pada umumnya, mereka dengan kelebihan berat badan, ialah mereka yang lebih banyak input (pemasukan) daripada output(pengeluaran).

Sebenarnya berbagai jenis olahraga mudah dilakukan setiap harinya, seperti jalan santai, bersepeda, angkat beban (barbel) bahkan memotong rumput di pekarangan ataupun mencuci kendaraan juga termasuk berolahraga ringan. Namun, olahraga yang tepat ialah pilihan setiap orang, tidak ada jenis olahraga yang harus dilakukan oleh seseorang, kecuali bila olahraga itu tepat bagi orang tersebut. Apapun olahraganya, harus disesuaikan dengan energi yang kita asup setiap harinya. Apabila makanan yang kita asup mengandung banyak lemak dan gula, olahraga yang disarankan adalah olahraga yang cukup menguras energi. Sebaliknya, bila makanan yang kita asup sedikit mengandung lemak dan gula, olahraga ringan secara rutin sudah cukup untuk menambah kebugaran.

Ingat, kata kuncinya adalah rutin berolahraga (30 menit/hari sudah cukup) dan kendalikan asupan makanan (makan dalam porsi yang kenyang tapi tidak kekenyangan).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Daftar Isi

%d blogger menyukai ini: