Ragam Konsepsi Tentang Setan

Setan Animasi

Inilah Wajah Setan

Setan adalah sosok yg sangat terkenal di dunia meskipun sosok ini tidak nyata. Hampir seluruh agama di dunia baik yg kecil maupun besar mempercayai adanya setan.

Berikut adalah contoh2 konsepsi ttg setan:

Polytheisme Yunani dan Romawi Kuno

Dalam agama yunani dan romawi kuno, para dewa memiliki sisi baik dan jahat. Menipu, menjerumuskan dan menggoda manusia utk berbuat jahat dapat dilakukan oleh Dewa yang mana saja, namun hal ini bisa dicegah oleh Dewa yg lain.

Jadi dalam agama yunani adn romawi kuno, Tuhan dan Setan adalah dua sisi dari keping mata uang yg sama.

Zoroaster


Agama Zoroaster percaya adanya Angra Mainyu, sosok yg diciptakan oleh Ahura Mazda (Tuhan) dan diberikan kehendak bebas tapi kemudian memilih untuk menjadi penggoda manusia agar berbuat hal2 yg jahat. Angra Mainyu dianggap sebagai sosok yg sangat kuat, hanya takluk kepada Ahura Mazda. Satu2nya jalan bagi manusia utk selamat dari godaan Angra Mainyu adalah dengan mendekatkan diri kepada Ahura Mazda.

Hindu

Penganut hindu mempercayai adanya Asura alias Roh Jahat. Asura mengganggu manusia, dia bisa merasuki dan mencelakakan manusia. Asura dapat mengganggu orang yg akan beribadah sehingga ibadahnya batal. Dalam Bhagawat Gita diceritakan sepasukan Asura yg mengganggu Arjuna yg sedang berjuang mengeakkan keadilan dan kebaikan. Tapi Asura tidak dianggap bertanggungjawab atas perbuatan jahat yg dilakukan manusia karena perbuatan jahat dianggap sebagai kehendak manusia sendiri, bukan pengaruh dari Asura.

Tapi Asura tidak selamanya jahat, melalui proses reinkarnasi, asura dapat berubah menjadi baik.

Budha

Dalam Budha dikenal adanya Mara, semacam roh jahat yg merupakan perwujudan dari nafsu manusia. Mara pernah berupaya menggoda Sidharta Gautama yg sedang mencari jalan kebenaran namun upaya tsb gagal.

Yahudi

Setan dianggap sebagai malaikat yg diberi kuasa oleh Tuhan utk membujuk manusia mengikuti kecenderungan jahatnya (yetzer ra) dan mengabaikan kecenderungan baiknya (yetzer tov). Setan dianggap bersalah karena membujuk Hawa, yg kemudian membujuk suaminya Adam, untuk memakan buah dari pohon pengetahuan padahal itu dilarang oleh Tuhan.Karena pelanggaran inilah Adm dan hawa kemudian diusir dari surga dan dibuang ke bumi.

Kristen

Konsepsi ttg Setan dalam ajaran Kristen banyak mengadopsi konsepsi dari agama Yahudi, termasuk peran Setan dalam pengusiran manusia dari surga dan terbentuknya dosa warisan yg diturunkan dari Adam kepada seluruh ummat manusia atas pelanggaran yg dia lakukan.

Dalam Agama Kristen, setan adalah malaikat yg memberontak dari Tuhan. Setan digambarkan sebagai sosok yg sangat kuat sehingga Yesus yg dianggap inkarnasi Tuhan pun bisa diculik dan digodanya selama 40 hari.

Di samping menggoda manusia utk berbuat jahat, setan juga dianggap bertanggung jawab utk banyak gangguan terhadap manusia. Di dalam keempat Injil banyak diceritakan Yesus mengobati orang sakit dgn mengusir setan yg ada ditubuh si sakit. Ini kemudian diikuti oleh orang2 kristen khususnya katolik dgn pelaksanaan upacara eksorsisme (pengusiran setan).

Islam

Dalam ajaran Islam dikenal adnya Iblis dan Setan. Iblis adalah makhluk yg diciptakan Tuhan dari api yg dikutuk Tuhan karena menolak sujud kepada Adam dan Hawa. Karena sakit hati dikutuk Tuhan, Iblis meminta ijin kepada Tuhan utk hidup hingga hari kiamat utk menggoda manusia berbuat jahat. Tuhan memberikan ijin tapi menetapkan bahwa Iblis tidak akan bisa menggoda manusia yg selalu ingat kepada Tuhan.

Berbeda dgn Kristen dan yahudi, Islam menganggap keberadaan manusia di bumi adalah dalam rangka membawa tugas dari Tuhan sebagai Pemimpin, bukan sebagai hukuman atas pelanggaran Adam.

Setan adalah siapapun baik dari bangsa manusia atau jin yg menjadi anak buah Iblis dengan turut serta mengajak kepada kejahatan

Bahai

Menurut ajaran Bahai, Setan adalah perwujudan nafsu jahat dan keserakahan manusia sendiri, bukan sosok yg diciptakan tersendiri oleh Tuhan.

Sikh

Penganut Sikh tidak percaya adanya sosok bernama setan atau sejenisnya karena bagi mereka Tuhan itu Maha Baik jadi tidak mungkin dia menciptakan sosok yg murni jahat seperti Setan. Perbuatan jahat yg dilakukan manusia dikarenakan manusia jauh dri Tuhan dan tunduk kepada nafsu2 yg ada di dalam dirinya sendiri.

http://forum.detik.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Daftar Isi

%d blogger menyukai ini: