Mengapa Rasa Lelah Sering Menyerang di Siang Hari?

Mengapa Rasa Lelah Sering Menyerang di Siang Hari?

APAKAH Anda merasa lelah selalu menyerang ketika siang hari? Mungkin saja ada beberapa kesalahan yang Anda lakukan dalam gaya hidup Anda.

Saat jam makan siang, bukan hanya rasa lapar dan dahaga yang menyerang, tapi juga rasa lelah dan dibarengi kantuk. Tak jarang ketika pekerjaan masih menumpuk, rasa kantuk tersebut tak bisa berkompromi. Kepala terasa berat dan mengedip pun sangat sulit karena terasa ada beban yang mengganjal di mata.

Ya, hal tersebut sebenarnya merupakan hal wajar. Namun semua gangguan tersebut dapat dihindari ketika Anda melakukan gaya hidup yang sehat, salah satunya menikmati sarapan yang tepat.

Lantas, apa saja penyebab kelelahan di siang hari? Berikut ini beberapa penyebabnya, seperti dipaparkan Times of India.

Kurang tidur di malam hari

Sebagian besar dari kita biasanya membawa pulang pekerjaan kantor ke rumah, sehingga rumah pun tetap layaknya kantor di mana Anda berkutat dengan laptop tanpa berhenti sambil menonton televisi hingga larut. Hal ini tentu mengurangi waktu istirahat yang seharusnya dipenuhi untuk membantu memulihkan saraf lelah dan meremajakan tubuh. Rutinitas tidur larut dan bangun pagi inilah yang membuat Anda cepat lelah di siang hari. Jadi jika ingin terhindar dari hal tersebut, penuhi setidaknya istirahat tidur antara 7-8 jam dan matikan ponsel ketika Anda terlelap.

Tidak ada waktu untuk olahraga

Bila Anda melakukan latihan secara rutin, maka kebugaran pun akan tetap terjaga. Jadi sesibuk apapun rutinitas Anda, jangan lupakan untuk melakukan latihan, seperti berjalan cepat, jogging, lompat tali, atau berjalan di treadmill. Selain menyehatkan, latihan fisik memberikan hormon kebahagiaan bagi tubuh Anda.

Cemas sepanjang waktu

Terlalu banyak stres akan menyebabkan serangan tekanan darah tinggi. Karenanya, hindarilah rasa gelisah, tegang, dan secara sadar cobalah untuk tetap bahagia dan rileks. Nikmati pekerjaan Anda dan kebersamaan dengan keluarga, rumah, dan lingkungan Anda. Hal ini akan membuat serangan stres dapat terminimalisir.

Tidak sempat sarapan

Kebanyakan orang menjadi cepat lelah di siang hari karena melewatkan sesi sarapan dan mengonsumsi makanan saat siang. Padahal, sarapan sangat penting untuk meningkatkan konsentrasi kerja yang Anda mulai sejak pagi. Tak hanya itu, sarapan pun akan memengaruhi hormon sehingga Anda tidak cepat lesu saat siang menyapa Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Daftar Isi

%d blogger menyukai ini: