Beberapa Candi dan Keindahannya disekitar Prambanan

1. Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko berada di wilayah Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta dan terletak pada ketinggian hampir 200 m di atas permukaan laut, dengan luas sekitar 250.000 meter persegi, di puncak bukit ini Anda dapat melihat pemandangan yang indah yaitu panorama Gunung Merapi dan kemegahan Candi Prambanan.
Nama “Ratu Boko” berasal dari legenda masyarakat setempat. Ratu Boko (Bahasa Jawa, arti harafiah: “raja bangau”) adalah ayah dari Loro Jonggrang, yang juga menjadi menjadi nama candi utama pada komplek Candi Prambanan.
Reruntuhan Kraton Ratu Boko ini ditemukan pertama kali oleh Van Boeckholtz pada tahun 1790. Seabad setelah penemuan Van Boeckholtz, yaitu sekitar tahun 1890, FDK Bosch mengadakan riset arkeologis tentang peninggalan kepurbakalaan di selatan Candi Prambanan dalam laporan yang berjudul Kraton Van Ratoe Boko.
Candi Ratu Boko:

 

Candi Ratu Boko:

 

Candi Ratu Boko:

 

Candi Ratu Boko:

 

Candi Ratu Boko:

Candi Ratu Boko:

Candi Ratu Boko:

2. Candi Barong
Candi Barong adalah candi Hindu kira-kira 300 meter ke arah timur dari Situs Boko. Yaitu di dusun Candisari, kelurahan Bokoharjo, Prambanan, Yogyakarta. Candi Barong dibangun pada sekitar abad ke IX dan ke X pada saat zaman Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini mempunyai hiasan kala dan naga mirip seperti barong pada pintu masuknya.
Kompleks candi ini berada di atas tanah berundak 3 dengan beberapa bangunan candi pada setiap terasnya. Pada teras tertinggi terdapat 2 buah candi untuk pemujaan dewa Wisnu dan Dewi Sri sebagai lambang kesuburan. Masing-masing candi ini mempunyai ukuran kira-kira 8 meter x 8 meter dengan tinggi 9 meter.
Candi Barong:

Candi Barong:

 

Candi Barong:

 

Candi Barong:

 

Candi Barong:
3. Candi Plaosan

 

Candi Plaosan adalah sebutan untuk kompleks percandian yang terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini terletak kira-kira satu kilometer ke arah timur-laut dari Candi Sewu atau Candi Prambanan.
Kompleks Candi Plaosan Lor memiliki dua candi utama. Candi yang terletak di sebelah kiri (di sebelah utara) dinamakan Candi Induk Utara dengan relief yang menggambarkan tokoh-tokoh wanita, dan candi yang terletak di sebelah kanan (selatan) dinamakan Candi Induk Selatan dengan relief menggambarkan tokoh-tokoh laki-laki. Di bagian utara kompleks terdapat masih selasar terbuka dengan beberapa arca buddhis. Kedua candi induk ini dikelilingi oleh 116 stupa perwara serta 50 buah candi perwara, juga parit buatan.

Candi Plaosan:

Candi Plaosan:

Candi Plaosan:
Candi Plaosan:
Candi Plaosan:

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Daftar Isi

%d blogger menyukai ini: