Lobster “Jongkok” Baru Ditemukan di Laut Spanyol

 

Lobster "Jongkok" Baru Ditemukan di Laut Spanyol

MADRID – Seekor spesies lobster baru ditemukan di pegunungan bawah laut lepas pantai di barat laut Spanyol. Tubuh hewan yang termasuk dalam jenis crustacea ini memiliki warna oranye dan para ilmuwan menyebutnya sebagai lobster “jongkok” (squat lobster).

Diwartakan Live Science, Selasa (19/6/2012), lobster jongkok berukuran panjang sekira lebih dari 2 inci (5 centimeter). Menurut para ilmuwan, lobster ini cenderung berkerabat dekat dengan kelomang (hermit crabs) ketimbang lobster yang sesungguhnya.

Hewan jenis crustacea ini, diberi nama latin Uroptychus cartesi. Kelompok peneliti INDEMARES menemukannya di kedalaman 1.410 meter pada Agustus 2011 silam. Lobster ini diperkirakan hidup di antara karang di kedalaman laut.

Uroptychus cartesi tergolong hewan pemalu dan banyak ditemukan di daerah pegunungan bawah laut yang jarang dijamah manusia. Karang tempat mereka hidup tidak mencapai zona pemancingan.

Lobster jongkok merupakan hewan rumahan dan tidak menyebar jauh. Pasalnya, larva mereka hanya menghabiskan beberapa hari untuk menyelesaikan tahap plankton.

Crustcea ini berbeda dari spesies lainnya di Eropa, terutama dari bentuk dan jumlah duri di cangkangnya. Enam spesimen yang ditangkap di serahkan pada Institute of Marine Science di Barcelona dan National Museum of Natural History di Paris.

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Daftar Isi

%d blogger menyukai ini: