Solusi Rumah Nyaman Tanpa Pendingin

Bentuk Rumah Nyaman Tanpa Pendingin

Sinar matahari memang menjadi salah satu kunci rumah sehat. Namun, intensitas sinar matahari yang berlebihan bisa membuat rumah gerah dan tak nyaman.

Banyak orang mencari solusi instan, seperti dengan menggunakan pendingin ruangan. Akan tetapi, dengan perencanaan yang tepat, rumah bisa nyaman tanpa AC.

Untuk itu, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, seperti menentukan posisi ruang dan bukaan rumah berdasarkan arah dan pergerakan sinar matahari.

Kamar Tidur
Agar sinar matahari pagi dapat masuk ke ruang ini, letakkan kamar tidur di sisi tenggara hingga timur laut. Selain baik buat kesehatan, sinar matahari yang masuk ke kamar membuat Anda tidak malas bangun pagi.
Disamping itu, sisi ini tidak menerima panas matahari sore, sehingga istirahat malam Anda menjadi nyaman.

Ruang Publik
Ruang publik, seperti ruang Keluarga, ruang tamu, dan ruang makan sebaiknya berada di sisi barat laut atau barat daya. Di posisi ini, ruang publik akan mendapatkan penerangan alami yang hangat.

Sebaliknya, untuk mengurangi panas matahari dari sisi barat, perlu digunakan material peredam panas. Buat juga ventilasi silang (cross ventilation) dengan membuat banyak lubang angin.

Kamar Mandi
Karena kamar mandi memiliki tingkat kelembapan tinggi, maka ruang ini sangat memerlukan sinar matahari langsung. Untuk itu, letakkan kamar mandi pada sisi barat atau timur.

Dapur
Digunakan sebagai tempat memasak, dapur umumnya memiliki suhu ruang tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya letakkan dapur di posisi yang minim sinar matahari, yakni di sisi utara atau selatan.

Bukaan Rumah
Agar mengurangi paparan sinar matahari langsung, letakkan bukaan rumah, seperti seperti pintu atau jendela di sisi utara atau selatan. Jika kondisi tidak memungkinkan pintu atau jendela berada di utara atau selatan, solusinya bisa dengan memasang tirai atau kaca peredam panas.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Daftar Isi

%d blogger menyukai ini: