Tumbuh2an Paling Unik Di Dunia

Di dunia ini memang terdapat berbagai macam jenis tanaman, baik itu yang tumbuh di daerah gurun, dasar laut, di hutan-hutan belantara, pekarangan rumah,dll. Nah tanaman yang berikut ini bukan hanya unik, tetapi juga memiliki sifat dan kegunaannya yang juga tak kalah unik dan tidak banyak diketahui oleh manusia. Tanaman unik ini mulai dari yang dapat mengeluarkan racun, sampai dengan yang dapat mengeluarkan bau yang sangat menyengat.

Berikut merupakan 7 Tumbuhan Paling Unik di Dunia
1. Plant Intelligence
Tanaman terunik di dunia yang pertman adalah Plant Intelligence. Tanaman ini dapat beradaptasi dengan berbagai cara, yang pertama aktif mencari makan dengan menggunakan cahaya matahari untuk mecukupi kebutuhan nutrisinya dengan cara mengubah arsitektur dari tanaman itu sendiri. Yang kedua daun dan cabang yang terdapat pada pohon tersebut dapat merespon langsung sumber cahaya dar matahari. Dan yang ketiga dapat mendeteksi volume tanah dan beradaptasi sesuai dengan pertumbuhan pohon tersebut. Kemudian kelebihan lainnya dari pohon ini adalah mampu merespon sebuah sinyal yang dihaslikan oleh tanaman lain, mampu mendeteksi ultraviolet yang berbahaya, berubah warna, dan dapat menghasilkan racun dimana racun ini digunakan jika ada predator yang mengganggunya.
2. Fig Tree
Fig Tree atau yang bisa disebut dengan pohon ara adalah pohon asli asia yang dapat tumbuh hingga mencapai 12 meter. Pohon ini dapat tumbuh di tanah yang berbatu atapun di tanah yang subur. Buah yang dihasilkan oleh pohon ini mengandung banyak kalsium, zat besi, fosfor, potosium, serat, dan bebas lemak. Uniknya dalam setahun pohon ini berbuah sebanyak 3 kali, buah pertama disebut buah sulung yang biasa disebut buah ara hijau. Buah kedua disebut buah ara bungara, rasa dari buah ini enak, segar dan buahnya paling banyak dihasilkan. Buah ketiga disebut buah par. Buah ara selain dapat dimakan langsung, juga dapat diolah menjadi kue yang cukup mahal harganya, bahkan hidangan ini biasa disajikan untuk raja-raja.
3. Elephant Yam Flower
Tanaman ini ternyata masih berkerabat dekat dengan bunga bangkai raksasa. Bentuk dari tanaman ini memang cukup unik, di bagian tengah dari tanaman ini terdapat umbi batang dan bunga akan muncul jika simpanan energi berupa tepung yang tersimpan di umbi batang sudah cukup untuk pembungaan. Sebelum bunga muncul seluruh daun dan tangkainya akan layu, pada saat mekar tanaman ini akan mengeluarkan bau bangkai yang cukup menyengat bagi siapapun yang menciumnya. Bau bangkai yang dikeluarkan bunga ini bertujuan utuk mengundang kumbang dan lalat yang akan membantu proses penyerbukan.
4. Quever Tree
Tanaman jenis ini banyak ditemukan di daerah Afrika Selatan. Tumbuhan jenis ini hanya tumbuh di daerah kering, tandus dan panas, yaitu di gurun namid, yang terletak di perbatasan afrika selatan dan namibia. Pohon ini dinamakan Quever karena bentuk dan lekukan cabang-cabangnya yang menjulang ke luar hingga berbentuk seperti panah. Keunikan dari pohon ini adalah selain bentukya yang aneh, dan dapat hidup di daerah gurun yang panas dan tandus bunga yang terdapat pada pohon ini dapat memberikn nektar untuk burung dn serangga yang menghampiri pohon ini.

5. Welwits Chia Mirabilis
Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang fenomenal di kalangan botani dan juga kolektor tanaman. Tanaman ini dapat hidup di gurun sepanjang pesisir pantai namibia dan anggola. Uniknya jika sebagian besar tanaman yang hidup di gurun akan menyesuaikan keadaan dengan mengecilkan bentuk daun untuk mengurangi penguapan, hal tersebut berbeda dengan tanaman ini yang justru memiliki daun yang lebar, daun yang lebar ini berfungsi untuk melindungi tanah di bawahnya di mana akar yang tumbuh akan terlindungi kelembabannya. Keunikan dari tanaman ini adalah hanya memiliki 2 daun saja sepanjang hidupnya, jadi daun yang ada adalah daun yang pertama tumbuh dan terus memanjang sepanjang hidupnya.
6. Litops Julii
Tanaman ini salah satu tanaman yang tumbuh di kawasan afrika selatan. Tanaman ini sering dikenal dengan nama tanaman kerikil atau batu hidup, hal ini dikarenakan setiap aspek dari tanaman ini memang mirip dengan batu. Tanaman ini tumbuh di lingkungan panas dan kering serta dapat menyusut dan menghilang di bawah tanah selama musim kering. Meskipun tanaman ini memilii bentuk yang aneh akan tetapi tanaman ini dapat menghasilkan bunga-bunga yang cantik.

7. Venus Fly Trap
Tanaman terunik yang terakhir adalah Venus Fly Trap, tanaman ini adalah salah satu tanaman misterius yang telah diketahui oleh para ilmuan selama 200 tahun lebih. Salah satu dari keunikan tanaman ini adalah mampu menarik serangga seperti lalat, kumbang, ngengat dan juga laba-laba. Selain itu tanaman ini mempunyai satu zat kelenjar yang terletak di dekat dasar yang berbentuk menyerupai rambut, hingga jika ada serangga yang hinggap di antara rambut-rambut tersebut, maka tanaman ini otomatis akan menutup. Di dalam trap tersebut diproduksi cairan asam enzimatik yang dapat mengubah serangga yang terperangkap menjadi makanan yang dapat dimakan oleh tanaman tersebut, maka setelah proses tersebut telah selesai trap akan terbuka kembali.
Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Daftar Isi

%d blogger menyukai ini: